Konsep, Definisi dan Aplikasi Social Media Marketing

social network marketing, social media marketing, social media platform, social network platform, social media logo, social networking power
Social Media, menurut Wikipedia adalah information content created by people using highly accessible and scalable publishing technologies. Sementara itu pada umumnya orang memahami sebuah Social Media adalah merupakan realisasi dari konsep web 2.0, yaitu sebuah media yang kontennya diciptakan oleh masyarakat umum ( dalam hal ini bisa dikatakan sebagai user ) dengan dukungan pengembangan teknologi ( website, atau web application ) yang menganut konsep web 2.0. Bentuk fisik dari social media sendiri antara lain blog, microblog, social networking site, photo sharing, video sharing, file sharing dan sebagainya. Dimana bisa disimpulkan bahwa social media adalah sebuah penggabungan sosiologi dengan fasilitas teknologi. Merubah hubungan komunikasi one-to-many ( dari media yang dimiliki para pemodal saja ) ke many-to-many ( dari masyarakat untuk masyarakat ).

Sementara Social Media Marketing adalah sebuah bentuk strategi marketing yang menggunakan sarana social media. Dengan aktivitas utama yaitu memasarkan ( marketing ) sesuatu ( product, brand, issue, services, etc ) menggunakan berbagai fasilitas social media dengan memanfaatkan ‘anggota yang berpartisipasi di social media’ dalam kampanye produknya.

Sementara point-point dalam menggunakan Social Media untuk kebutuhan Marketing antara lain :

1. Mencari Customer ( Pembeli / Pengguna )

2. Menyebarkan awareness di social media dengan menggunakan konsep “give and receive”

3. Mempengaruhi para pengaruh ( influecer ) di social media yang memiliki banyak follower.

4. Menunjukkan awareness dari sudut pandang yang lain

5. Melakukannya secara continue

6. Mengukur kampanye produk anda di social media


Sebagai contoh, anda bisa lihat dimana banyak sekali bertebaran blog maupun website yang diintegrasikan ke halaman Social Media / Social Network untuk mencari customer. Suatu kemudahan yang bisa kita jadikan peluang untuk menjangkau area lebih luas dalam mencari customer. Dengan integrasi seperti ini, para webmaster sudah tidak perlu lagi repot keluar masuk berbagai social media, cukup menggunakan tools-tools yang mudah didapatkan di internet. Tinggal update content di website mereka, maka content tersebut akan langsung tersebar di berbagai social media.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

This paragraph will help the internet visitors for setting
up new weblog or even a weblog from start to end.

Here is my blog post - how to get your girlfriend back

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.